5 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Memulai Bisnis Franchise

5 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Memulai Bisnis Franchise

Spread the love

5 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Memulai Bisnis Franchise

5 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Memulai Bisnis Franchise – Usaha franchise belakangan ini semakin menjanjikan. Pertumbuhannya yang pesat, terutama di lahan kuliner, membuat orang akhirnya banyak melirik untuk mencoba bisnis ini. Bukan hanya bisnis waralaba dari luar saja, bisnis waralaba dari dalam negeri juga semakin berjaya. Bagi Anda yang berminat untuk membuat usaha waralaba sendiri, ada baiknya persiapkan hal-hal berikut ini.

Memiliki Ciri Khas yang Menarik

Supaya usaha franchise yang Anda rintis berjalan lancar, pastikan produk yang akan Anda jual itu memiliki ciri khas. Ciri khas yang dimiliki suatu produk bisa membedakannya dengan produk serupa dengan slot online . Selain itu, ciri khas ini bisa membuat produk lebih mudah dikenali. Meskipun menjual barang atau makanan yang sama, berikan trademark tersendiri yang tidak akan mudah ditiru orang lain.

Memiliki SOP yang Jelas

Perlu diketahui bahwa bisnis franchise merupakan sebuah cara berbisnis di mana mitra yang melakukan kerja sama akan mendapatkan merk dagang, bahan baku serta produk yang sama dari bisnis induk yang sudah ada. Oleh sebab itu, bisnis seperti ini harus memiliki SOP (Standard Operational Procedure) yang jelas. SOP ini akan menjadi acuan dalam melaksanakan tugas serta mempertahankan standar dan kualitas produk dari semua cabang franchise yang ada.

Dukungan Berkesinambungan

Supaya usaha waralaba yang Anda bangun bisa bertahan, maka kualitas dari semua cabang harus ditingkatkan. Oleh sebab itu, diperlukan adanya pelatihan dan pembinaan bagi semua mitra yang bergabung. Selain pelatihan dan pembinaan, keperluan lain yang diburuhkan oleh mitra juga harus dipersiapkan, selain bahan baku, keperluan seragam, peralatan, serta outlet tempat berjualan harus diselaraskan.

Ada Catatan Keuangan yang Jelas

Sebenarnya, bentuk bisnis apapun itu diperlukan catatan keuangan yang jelas. Apalagi bisnis franchise yang sistemnya kemitraan dan bisa meluas ke seluruh negeri. Catatannya harus lengkap dan lebih jelas supaya laporan pertanggungjawaban ke pusat tidak ada yang salah. Adanya catatan keuangan ini juga sekaligus memantau perkembangan usaha yang Anda jalankan.

Memiliki Hak Kekayaan Inteletual (HAKI) yang Terdaftar

Hal terakhir untuk menjalankan usaha franchise sendiri, terutama produk makanan atau produk barang, adalah memiliki hak kekayaan intelektual atau HAKI. HAKI ini menunjukkan bahwa produk yang Anda buat belum pernah ada sebelumnya, merupakan hasil karya sendiri dan memberi manfaat untuk orang banyak. Adapun cakupan HAKI adalah hak cipta, hak paten dan hak merk dagang.

Dengan mempersiapkan semua hal ini maka Anda sudah menghindarkan bisnis franchise Anda dari masalah. Terutama masalah keuangan, kinerja, kualitas dan pengakuan atas produk yang Anda buat. Setelah semua ini dipersiapkan dengan baik maka Anda sudah siap menjalankan bisnis waralaba dan Anda bisa menikmati royalty fee dari mitra yang tergabung.

error: Content is protected !!